Jumat, 29 Januari 2016

GAMBAR DAN FUNGSI ICON-ICON DI MICROSOFT EXCEL

FUNGSI
ICON-ICON DI MICROSOFT EXCEL
1.   Menu Utama Microsoft  Excel

1.   Office button:  fasilitas ini sebelumnya (versi 2003) adalah menu bar File yang kemudian oleh Microsft Office mengubahnya dengan nama Office Button dengan sub menu, diantaranya: New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Publishl dengan tambahan baru Excel Options serta Exit.
2.   Menu bar:  berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data Review – View – Developer – Add-Ins
3.   Toolbars formatting:  Bagian dari menu bar atau biasa disebut sebagai sub menu, contoh pada gambar sub menu dari Home yang fungsinya banyak digunakan untuk mengedit.
4.   Formula Bar: Menu bar adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 lalu enter
5.   Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
6.   Worksheet atau halaman kerja MO Excel 2007. Halaman terdiri atas kolom (diberi label sesuai abjad) dan baris (diberi label sesuai angka penomoran). Irisan antara kolom dan baris disebut sel (cell). Sel dapat berisi angka, huruf, rumus atau kombinasi dari ketiganya.
7.   Scroll bar: Fasilitas yang digunakan untuk menampilkan tampilan halaman kerja “Worksheet”. (gambar )
8.   Sheet stage: halaman kerja tambahan pada satu file Excel 2007
9.   Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di ymbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom)
10.   Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.



2.   Tab Home
 










Nama (Clipboard)
Fungsi
Paste
Menempelkan objek pada clipboard ke dalam dokumen
Cut
Memindahkan objek ke clipboard
Copy
Menyalin objek ke clipboard
Format Painter
Mengkopi format dokumen yang sudah ada untuk ditempatkan di dokumen lain.
Nama (Font)
Fungsi
Bold
Cetak tebal
Italic
Cetak miring
Underline
Cetak garis bawah
Border
Membuat garis tepi pada sel aktif
Fill Color
Mewarnai background sel yang dipilih
Font Color
Mewarnai teks pada sel yang dipilih
Font Size
Mengubah ukuran font.
Jenis Font
Mengubah jenis font.
Grow Font
Memperbesar font.
Shirnk Font
Memperkecil Font
Nama (Alignment)
Fungsi
Top Align
Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata atas.
Middle
Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata tengah.
Battom Align
Perataan data sel pada posisi vertikal dengan rata bawah.
Align Text Left
Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kiri
Center
Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata tengah.
Align Text Right
Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata kanan.
Orientation
Perataan data sel pada posisi horizontal dengan rata bawah.
Decrease Indent
Mengurangi jarak indentasi.
Increase Indent
Menambah jarak indentasi.
Wrap Text
Melipat penulisan data teks dalam sel, biasanya untuk panjang teks yang melebihi ukuran lebar kolom.
Marge and Center
Menggabungkan beberapa sel menjadi sel tunggal dan meratakan data sel pada bagian tengah horizontal.
Nama (Number)
Fungsi
Number Format
Memformat data-data bertipe angka.
Accounting Number Format
Memformat data numerik dengan format currency atau mata uang.
Percent Style
Memformat data numerik dengan format persen.
Comma Style
Memformat data numerik dengan format akutansi.
Increase Decimal
Menambah jumlah digit angka desimal.
Decrease Decimal
Mengurangi jumlah digit angka desimal.
Nama (Styles)
Fungsi
Conditional Formatting
Memformat tabel-tabel data berdasarkan kriteria/kondisi khusus.
Format as Table
Memformat data-data dalam suatu range dari beberapa sel menjadi suatu format tabel.
Cell Styles
Memformat data-data dalam sel dan memiliki berbagai pilihan format.
Nama (Cells)
Fungsi
Insert Cells
Menyisipkan sel, baris, kolom, dan sheet.
Delete Cells
Menghapus sel, baris, kolom, dan sheet.
Format
Mengatur  tinggi baris dan lebar kolom hingga menyembunyikan baris dan kolom.
Nama (Editing)
Fungsi
AutoSum
Menjumlahkan data dalam suatu range sel yang telah ditentukan.
Fill
Membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.
Clear
menghapus data dalam sel atau range yang dipilih, seperti isi, format dan komentar sel.
Sort and Filter
Mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitu juga sebaliknya.
Find and Select
Mencari dan mengganti data secara otomatis.
3.   Tab Insert

 






Nama
Fungsi
Tables
Menyisip pivotable untuk data-data table yang kompleks dan membuat table untuk mengatur dan menganalisis data.
Illustrations
Menysip gambar ClipArt, bentuk-bentuk bangun, dan smartart grafik.
Charts
menyisipkan grafik dalam berbagai bentuk ke dalam data dokumen.
Text
Menyisipkan kotak teks, Header and Footer, WordArt, tanda tangan objek, dan simbol.
Links
Membuat hyperlink, misalnya menghubungkan data dengan web atau program tertentu.

4.  Tab Page Layout
 






Nama (Themes)
Fungsi
Themes
Mengatur atau mengubah desain dokumen yang sedang dikerjakan.
Nama (Page Setup)
Fungsi
Margins
Mengatur ukuran margin suatu dokumen, yakni jarak tulisan terhadap tepi kertas.
Orientations
Mengatur orientasi pencetakan dokumen. Ada dua pilihan orientasi, yaitu portrait (vertical) dan landscape (horizontal).
Size
Mengatur atau menetukan ukuran kertas.
Print Area
Menetukan area cetak pada dokumen atau mencetak range yang diblok saja.
Breaks
Membagi dokumen menjadi beberapa bagian atau memisahkan halaman sheet dokumen.
Background
Memberikan gambar latar pada lembar kerja.
Print Titles
Menentukan range kolom tau baris yang akan dicetak berulang.
Nama (Scale to Fit)
Fungsi
Width
Mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran lebar kertas.
Height
Mengatur agar ukuran lebar dokumen disesuaikan dengan ukuran tinggi kertas.
Scale
Menetukan nnilai persen untuk memperkecil dan memperbesar ukuran dokumen saat dicetak.
Nama (Sheet Options)
Fungsi
Sheet Options
Menampilkan garis kisi-kisi sel (gridlines) antara baris dan kolom, serta menampilkan heading dari baris dan kolom.
Nama (Arrange)
Fungsi
Bring to Font
Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling depan.
Send to Back
Memindah urutan objek terpilih ke urutan paling belakang.
Selection Pane
Menampilkan Task Pane Selection and Visibility yang digunakan untuk menyeleksi suatu objek gambar untuk ditampilkan atau disembunyikan.
Align
Mengatur perataan objek dengan posisi rata kiri (left), kanan (right), tengah (center/middle)
Group
Mengelompokkoan beberapa objek atau gambar dalam suatu kelompok sehingga menjadi satu objek.
Rotate
Memutar dan membalikkan posisi ibjek yang sudah terpilih, dapat kea rah kanan, kiri, dan sebagainya.

5.   Tab Formulas
 






Nama (Function Library)
Fungsi
Insert Function
Untuk menyisipkan fungsi/rumus tertentu.
AutoSum
Untuk menjumlahkan data-data dalam suatu range tertentu secara otomatis, menghitung rata-rata data, data tertinggi, data terendah, dan fungsi lainnya.
Recently Used
Untuk memasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakan.
Financial
Untukmemasukkan rumus-rumus dari fungsi yang pernah digunakan.
Logical
Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi logika.
Text
Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi teks.
Date and time
Untuk membuat fungsi-fungsi yan berkaitan dengan waktu dan tanggal.
Lookup and Reference
Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi pembacaan tabel.
Math and Trig
Untuk membuat fungsi-fungsi dari fungsi matematika.
More Functions
Untuk membuat fungsi-fungsi yang lain seperti fungsi statistic, engineering atau teknik, fungsi informasi, dan lain-lain.
Nama (Defined Names)
Fungsi
Name Manager
Membuat, mengedit/memperbaiki, menghapus, dan mencari semua nama sel atau range yang digunakan dalam workbook. Nama ini dapat digunakan dalam suatu rumus atau formula.
Define Name
Membuat penamaan sel atau range yang elah dipilih dan akan digunakan dalam rumus atau formula.
Use in Formula
Menyisip nama sel atau range yang digunakan sebagai pengganti alamat sel atau range dalam penulisan rumus dan fungsi dalam suatu rumus atau formula.
Create from Selection
Membuat nama dari serangkaian sel baik kolom maupun baris secara otomatis.
Nama (Formula Auditing)
Fungsi
Trace Precedents
Menampilkan tanda panah yang mengarah ke satu sel hasil perhitungan suatu rumus atau fungsi dari kelompok sel.
Trace Dependents
Menampilkan tanda panah dari suatu kelompok sel yang mengarah ke suatu sel yang berisi hasil perhitungan dari suatu rumus fungsi.
Remove Arrows
Untuk menghapus tanda panah yang ditampilkan oleh Trace Precedents dan Trace Dependents.
Show Formulas
Menampilkan rumus dari suatu sel hasil perhitungan .
Error Checking
Memeriksa kesalahan suatu rumus.
Evaluate Formula
Mengevaluasi rumus/formula yang digunakan.
Watch Window
Menampilkan Wacth Window, yang digunakan untuk memonitor atau mengamati beberapa sel sekaligus, meskipun sedang bekerja pada lembar kerja atau buku kerja yang berbeda.
Nama (Calculation)
Fungsi
Calculation Options
Memilih formula yang akan dikalkulasikan atau dihitung.
Calculate Now
Mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada workbook yang sedang dikerjakan.
Calculate Sheet
Mengalkulasi atau menghitung serangkaian data pada sheet yang sedang dikerjakan.
6.     Tab Data
 






Nama (Get External Data)
Fungsi
From Access
Mengambil atau mengimpor data dari program Microsoft Access.
From Web
Mengambil atau mengimpor data dari halaman web.
From Text
Mengambil atau mengimpor text dari file lain.
From Other Source
Mengambil atau mengimpor data dari sumber-sumber lain selain yang diatas.
Existing Connections
Mengambil atau mengimpor data dari koneksi data yang sedang sedang dijalankan atau yang pernah dilakukan.
Nama (Connections)
Fungsi
Refresh All
Update data pada dokumen yang berasal dari sumber data.
Properties
Mengukur koneksi dokumen dengan sumber data.
Edit Links
Menampilkan/melihat semua file yang terhubung dengan dokumen untuk meng-update atau memutuskan dokumen.
Nama (Sort & Filter)
Fungsi
Sort A to Z
Mengurutkan data dari kecil ke besar.
Sort Z to A
Mengurutkan data dari besar ke kecil.
Sort
Menampilkan dialog sort untuk mengurutkan data.
Filter
Menyaring data.
Nama (Data Tools)
Fungsi
Text to Columns
Meisahkan sel menjadi dua kolom, misalnya memisahkan sel yang  namanya terdiri dari dua kata, maka menjadi dua sel dengan nama dari nama pertama dan kedua.
Remove Duplicates
Membatalkan duplikasi baris dalam suatu sheet.
Data Validations
Melakukan validasi data yang sedang dikerjakan agar data-data yang akan dimasukkan bisa dikontrol.
Consolidate
Menggabungkan beberapa range menjadi satu range.
What-If Analysis
Menganalisis atau mencoba beragam nilai untuk formula yang terdapat dalam sheet.
Nama (Outline)
Fungsi
Outline
Menjumlahkan dat-data dari beberapa baris yang berhubungan secara otomatis dan menyisipkan hasilnya dalam suatu sel yang terpilih.
7.     Tab Review
 






Nama (Proofing)
Fungsi
Spelling and Grammar
Mengecek ejaan dan tata bahasa.
Research
Membuka jendela task pane Research.
Thesaurus
Mencari persamaan arti kata.
Translate
Menerjemahkan suatu kata ke dalam bahasa lain.
Nama (Comments)
Fungsi
New Comment
Menambahkan komentar.
Delete Comment
Menghapus komentar.
Show/Hide Comment
Menampilkan/menyembunyikan komentar.
Show All Comment
Menampilkan seluruh komentar.
Nama (Changes)
Fungsi
Protect Sheet
Memproteksi atau melindungi data dalam suatu sheet, sehingga pemakai tidak sembarangan melakukan perubahan terhadap data dalam sheet tersebut.
Protect Workbook
Memproteksi atau melindungi data dalam suatu workbook, sehingga pemakai tidak sembarangan melakukan perubahan terhadap data dalam workbook tersebut.
Share Workbook
Membagi sel workbook pada orang lain, sehingga orang lain bisa mengakses file itu juga.
Protect and Share Workbook
Memproteksi sekaligus membagi file workbook pada orang lain, tetapi orang tersebut tidak bisa melakukan perubahan terhadap file itu.
Allow Users to Edit Ranges
Mengizikan orang lain melakukan perubahan terhadap data yang dibagi atau di-sharing.
Track Changes
Menelusuri perubahan yang dilakukan terhadap file workbook yang dipakai bersama.
8.     Tab View
 






Nama (Workbook View)
Fungsi
Normal
Menampilkan dokumen secara normal
Page
Layout menampilkan dokumen dengan tata letak halaman (hasil cetakan).
Page Break Preview
Menampilkan dokumen dengan tanda batas halaman.
Full Screen
Menmpilakn dokumen satu layar penuh.
Nama (Zoom)
Fungsi
Zoom
Memperbesar/memperkecil  tampilan.
100%
Menampilkan ukuran sebenarnya.
Zoom to selection
Menampilkan objek yang dipilih dalam satu layar.
Nama (Windows)
Fungsi
New Window
Menampilkan dokumen aktif pada jendela baru.
Arrange All
Menmpilkan semua dokumen.
Freeze Panes
Mempertahankan sebagaian sheet tetap terlihat pada saat sheet digulung.
Split
Membagi lembar kerja menjadi beberapa bagian sehingga kita bisa melihat lokasi yang berbeda pada lembar kerja.
Hide
Menyembunyikan jendela buku kerja yang aktif.
Save Workspace
Menyimpan lingkungan kerja.
Switch window
Mengaktifkan jendela buku kerja yang sedang terbuka.
Nama (Macro)
Fungsi
Macro
Membuat macro.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar